TAMIBLOG : Bagi-bagi ilmu tentang Perawatan PC

HALO EVERYBODY
kali ini tami blog,gak bakal ceritain tentang kehidupan sehari-harinya,kali ini gue bakal ngeshare ilmu untuk kamu kamu yang mau melakukan perwatan PC dengan utilitas/tool PC yang sudah tersedia di laptop/PC kamu kamu semua. Sebenernya Tami Blog rada susah untuk ngesahre ilmu yang banyak ini,tapi kali ini akan gue coba,karena berbagi ilmu itu indah,seperti indahnya melihat cewek cantik di pinggir jalan yang sedang megang Ipad,dan senyum ke gue,oke kita mulai aja !!

1. DEVICE MANAGER
oke,siapa sih yang gak tau satu tool ini,pasti kalian yang sering oprek-oprek komputer tahu lah tool ini. Tapi,kali ini gue bakala ngasih lebih rinci lagi nih penjelasanya tentang device manager ini. Device manager salah satu tool yang ada pada Windows yang berfungsi untuk melakukan pengecekan seluruh perangkat yang terhubung pada Komputer secara keseluruhan. Jadi,device manager ini seperti tempat pengechekan sesutau tool yang ada di komputer,device ini harus tahu bagian mana saja,mulai dari mouse,keyboard,port,dan baagian yang lainya.

Cara menampilkan device manager pada PC dengan windows8
ada 2 cara dengan step yang rada lama,tapi pasti juga. ada juga dengan step yang cepat juga
STEP LAMA
1. Klik Kanan My Computer –> Properties-> Device Manager
kalau kurang besar,tinggal di klik aja gambarnya biar jelas
STEP BARU
1. Klik search pada kanan atas windows 8 -> cari device manager pada bagian setting -> ketemu deh
gampang kan,simple dengan windows 8 mah
Fungsi Dan Penerapan Device Manager
Fungsi Device Manager adalah untuk mengetahui perangkat yang terhubung dengan komputer, seperti Printer, Scanner, Modem, VGA, Sound dll. dengan device manager kita akan mengetahui suatu perangkat sudah terinstal driver atau belum? Device Manager berguna saat kita menginstall ulang sebuah komputer atau menambahkan perangkat keras lainnya ke dalam komputer.

Manfaat Device Manager
- Melihat apakah hardware yg terpasang berjalan dg baik
- Mengubah pengaturan konfigurasi hardware
- Identifikasi driver yg sedang dijalankan (aktif) dan mendapatkan informasi detailnya

2. BIOS
Pada bagian ini,termasuk bagian terpenting dalam komputer juga,BIOS kepanjangan dar ( Basic Input-Output System). Gue yakin yan baca ini pasti udah banyak yang tahu tentang BIOS,BIOS juga tempat install OS,pada luar desktop. BIOS juga banyak kegunaannya dalam komputer. Tapi kali ini gue bakal ngasih lebih rinci lagi tentang BIOS. BIOS adalah tingkatan terendah dari perangkat lunak yang mengkonfigurasi atau memanipulasi perangkat keras. BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System,dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak.

Step menampilkan BIOS pad PC anda,dengan cara berikut
1. matikan komputer anda dahulu
2. lalu nyalakan kembali
3. pada booting PC,langsung anda pencet F2 pada PC anda
4. dan anda bakal masuk ke menu seperti ini
ini menu BIOS tampilan baru,sama kaya tampilan laptop gue

kalau ini tampilan lamanya

Fungsi Bios adalah memberikan instruksi power-on self test (POST). Bios akan memastikan bahwa komputer memiliki semua bagian yang diperlukan dan fungsi yang diperlukan untuk mulai startup, seperti penggunaan memori, keyboard dan bagian lain. Jika kesalahan yang terdeteksi pada saat tes, BIOS memerintahkan komputer untuk memberikan kode yang mengungkapkan masalah. Kode Kesalahan biasanya serangkaian beep terdengar lama setelah startup.

Manfaat BIOS antara lain :
1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.



3. DIRECT X

Direct X. Gue ge rada gak ngerti ama yang namanya Direct X,gue juga masih belajar tentang ni,sebagai anak TKJ,sebenernyaa harus udah tahu kayaa ginian tapi,yaudalah. namanya masih belajar jaadi gue,maasih coba belajar yang namanya Direct X,yaudah gak usah panjang lebar lagi,gue bakal ngasih pengertian tentang. DirectX itu adalah Aplication Programming Interfaces yang berfungsi mengizinkan aplikasi, seperti game, untuk “berbicara” dengan hardware. Pengertian lain dari DirectX adalah kumpulan API untuk menangani berbagai tugas dalam pemrograman multimedia khususnya permainan komputer dalam sistem operasi Microsoft Windows. DirectX merupakan gabungan dari Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay, dan DirectSound. DirectX SDK dapat diperoleh secara cuma-cuma dari Microsoft.

Step untuk menampilkan Direct X di windows 8
1. Pertama-tama kamu semua ke run,dan tuliskan dxdiag
kalau gak jelas gambarnya di klik aja biar tambah besar
2. di enter,lalu akna masuk menu Direct X,di situ banyak pilihan,dari system,tool,display,sound
nah,disitu bisa di situ tempat untuk di otak-atiknya direct x.

CARA KERJA DIRECT X
Secara mendasar, DirectX merupakan interface antara hardware dalam PC Anda dan Windows itu sendiri, yang merupakan bagian dari Windows API (Application Programming Interface). Mari lihat contoh praktis. Pada waktu pembuat game ingin memutar file suara, ini hanyalah masalah menggunakan fungsi library yang sesuai. Pada waktu game berjalan, ia memanggil DirectX API, yang akan memutar file suara. Pembuat game tidak perlu tahu jenis sound card apa yang dihadapi, apa yang dapat dilakukannya, atau bagaimana berbicara kepadanya. Microsoft telah menyediakan DirectX, dan pabrikan sound card telah menyediakan driver yang berkemampuan DirectX. Ia menanyakan suara yang ingin dimainkan, hanya itu—pada mesin apapun ia dijalankan. 

ANALISIS MASALAH PADA DIRECT X
Menganalisis masalah instalasi DirectX dapat menyulitkan, terutama jika Anda tidak mengetahui bagian mana yang menyebabkan game tidak dapat dimainkan. Untungnya, Microsoft menyediakan utility bernama DirectX Diagnostic Tool. Anda tidak akan menemukan tool ini pada Start Menu pada Windows versi berapapun, dan masing-masing cenderung menginstal pada tempat yang berbeda. Cara paling mudah untuk menggunakannya adalah dengan membuka dialog Run dari Start Menu, ketik dxdiag dan kemudian klik OK. Pada waktu pertama dijalankan, ia membutuhkan beberapa detik untuk menanyai instalasi DirectX dan memeriksa jika ada masalah. 

4. DISK DEFRAGMENTER 

Disk defrag. nah,ini adalah salah satu tool yang sanat berguna untuk komputer kita,gue ge sering make tool ini buat ngerapihin data-data yang sering berantakan,jadi disk defrag ini membantu untuk merapihkan data-data yang berantakan,di rapihkan biar gak salah pengaturanya lagi. Disk Defragment adalah Proses yang dilakukan oleh utilitas pada sistem operasi Microsoft Windows yang bernama Disk Defragmenter untuk meningkatkan kecepatan akses data pada harddisk dengan melakukan pengaturan ulang file yang tersimpan di dalamnya. Pengaturan ulang file tersebut menggunakan teknik yang disebut defragmentasi untuk membuatnya menempati lokasi penyimpanan secara berdekatan antara satu dengan yang lain. 

Cara menggunakan disk Defragmenter pada windows7
1. Klik menu Start yang terdapat di taskbar

2. Klik All Programs

3. Klik Accessories

4. Klik System Tools

5. Klik pilihan Disk Defragmenter

6. Pada bagian Current status, pilih drive yang akan di defrag

7. Klik tombol Analyze disk, proses analyze disk segera di mulai

8. Setelah proses analyze disk dilakukan, klik tombol Defragment disk, proses defragment disk segera di mulai

9. Setelah disk defragment selesai dilakukan, klik tombol Close

Langkah-langkah diatas merupakan cara menggunakan disk defragmenter secara manual. Secara default, penggunaan disk defragmenter sudah dijadwalkan oleh Windows 7 sehingga akan berjalan secara otomatis sesuai dengan schedule yang ditetapkan. Untuk mengatur atau mengubah schedule disk defragmenter, simak langkah-langkah berikut ini:

1. Klik menu Start

2. Klik All Programs

3. Klik Accessories

4. Klik System Tools

5. Klik pilihan Disk Defragmenter, muncul jendela Disk Defragmenter

6. Pada bagian Schedule, klik tombol Configure schedule, muncul jendela Disk Defragmenter: Modify Schedule

7. Pada com box Frequency, tentukan frekuensi dijalanakannya disk defragmenter. Di sini tersedia 3 pilihan, yaitu:

- Daily : Pilihan ini akan menjalankan disk defragmenter setiap hari (sehari sekali)
- Weekly : Pilihan ini akan menjalankan disk defragmenter setiap minggu (seminggu sekali)
- Monthly : Pilihan ini akan menjalankan disk defragmenter setiap bulan (sebulan sekali)

8. Pada combo box Day, Pilih hari berjalannya Disk Defragmenter. Combo box ini tidak akan aktif (disable) jika combo box Frequency terpilih Daily

9. Pada combo box Time, pilih jam dijalankannya disk defragmenter

10. Untuk memilih disk target, klik tombol Select disk sehingga muncul jendela Disk Defragmenter: Select Disk For Scedule

11. Pilih (check list) disk yang akan di defrag

12. Klik OK, kembali ke jendela Disk Defragmenter: Modify Schedule

13. Klik OK, kembali ke jendela Disk Defragmenter

14. Klik tombol Close


Cara menggunakan disk defrag pada windows 8

1. kilk pada search windows 8
2. tulis pada search di bagian setting "disk defragmenter"
3. lalu klik defragment and optimize your drive
seperti ini tampilan search untuk mencari deragment
4. tampilan disk defragment pada windows 8 seperti ini :
tampilannya seperti ini cantikan :)
Disk defragmenter berfungsi meningkatkan kecepatan akses data dengan menyusun kembali file-file yang telah disimpan pada disk. Mungkin kita pernah salah mengcopy file pada suatu folder/drive, kemudian kita menghapusnya, lalu mengcopy lagi dari folder yang lain dan karena suatu hal, data tersebut harus dipindahkan lagi ke folder semula, atau kita sering menginstall dan meng-uninstall program berulang-ulang. Semua hal tersebut mengakibatkan susunan data menjadi tidak teratur. Fungsi Disk Difragmenter adalah untuk merapikan susunan data yang tidak teratur.

Disk defragmenter merupakan salah satu tools bawaan windows, anda dapat menggunakannya untuk mengatur file-file di hardisk anda. Biasanya file-file dihardisk kita tidak beraturan mungkin karena pengaruh sering instal program, menutup aplikasi secara tidak normal (hang), mengcopy dan menghapus atau memindahkan file, dan berbagai aktifitas managemen file lainnya.

5. DISK CLEN UP

Disk Clean up,termasuk program utilitas juga,ini juga termasuk dari bagian tool pc yangs sangat berfungsi buat pc kita semua. ini dia pengertianya.Pengertian disk cleanup ini sendiri adalah membersihkan file-file sampah,temporary file,cookies dll di memory windows.
Tenang saja karena disk cleanup tidak akan menghapus  fille-file penting justru akan menambah ruang kosong di memory pc atau notebook kita,sehingga performa pc tidak lambat.

Cara menggunakaan Disk Clean Up di windows 7
1.Klik start pada pojok kiri layar windows kita.
2.Klik all program.
3.Klik Accecories.
4.Klik disk cleanup.
5.Klik C:/ apabila kita ingin membersihkan memory di pc atau notebook kita.
6.Lalu klik disk cleanup.
7,Klik ok dan tunggu hingga proses selesai.

Cara menggunakan Disk Clean Up d windows 8
1. buka my computer
lihat tuh
2. clik salah satu hardisk
3. lalu klik manage seperti teresbut lalu ada disk clean up:
udah deh tinggal di klik aja disk clean upnya

   
Fungsinya digunakan untuk membersihkan file-file yang sudah tidak terpakai lagi (bisa dikatakan sampah), contohnya Download Program File, Temporary Internet Files, Office Setup Files, Recycle Bin, Temporary Files dan lain-lain.
File yang tidak terpakai tersebut (yang sudah saya sebutkan tadi) bisa membuat komputer kita menjadi lambat kalau kita biarkan menumpuk. Nah tugas Anda adalah menghapus file yang sudah tidak terpakai tersebut agar komputer Anda menjadi 'enteng' / ringan (yang saya maksud loadingnya).

6. FREE RAM XP PRO 1,4

Fungsinya untuk membebaskan ruang RAM yang sedang dipake ama program lain, sehingga jumlah RAM yang tidak dipake (free) lebih banyak.
Tapi cara kerja nya menipu. Dia meminta RAM sejumlah yg kita set, misal 256 MB, ke Windows. Setelah dikasi ama Windows, 265 MB RAM tersebut di free sama dia. Tada, free lah tambahan 256 MB RAM.
Tapi, sebelumnya 256 MB RAM td kan kepake ama program lain. Trus program lain gimana? Jawabnya, ama Windows, dipindahin ke harddisk. Tp kalo prog tu lg perlu data yg td nya di taru di RAM, sedangkan ama Windows ditaru di harddisk gmn? Ya Windows balik lg mindahin data dari harddisk ke RAM. Jd nya lambat.
Singkat kata, mending beli RAM tambahan, sekarang udah murah kok. Kalo Vista/7, nyamannya di 2 GB. XP 1 GB cukup untuk penggunaan yg umum.

saya rada gak bisa make free soalnya ini khusus XP,jadinya saya kasih screen shootnya aja ya tentang free rom ini.
OKE,INI ADALAH SALAH SATU FREERAM

Free Ram XP pro 1,4 untuk windows XP
 Oke,sekian dulu share gue dan tutorial gue tentang utilitas PC dna tool-toolan lainya. Maaf kalau gue rada ngaco ngejelasinya,maaf juga kalau ada kesalahan kata,sekian dari gue yang,keep stay tune in here. TAMI BLOG menunggu reading kalian semua :)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pertemuan Yanto Budal

Bule dan Jomblo Kesasar.

Plaza Marseiles