Kangen Kelakuan Kecil.

Cita-cita ? I think I have.

Enggak tahu kenapa, minggu-minggu akhir ini gue pengin banget inget-inget masa lalu gue, masa lalu waktu gue pernah alay, pernah punya pacar 2, pernah enggak jadi Jomblo, pernah sengaja gangguin banci pake cabe, pernah juga punya cita-cita yang aneh… Kadang gue aneh juga, kenapa kebiasaan kita di masa lalu yang menurut gue itu baik untuk masa sekarang malah enggak ada lagi di dalam diri gue kayak mandi sepagi mungkin, Bantu orang tanpa pamrih, ngerjain PR temen padahal PR sendiri juga belum di kerjain… ada beberapa hal yang gue sesali, tapi yaudahlah yang berlalu biarlah berlalu, toh, sekarang gue menyandang gelar Jomblo 1 tahun juga bukan karena gue enggak laku, tapi gue lagi enggak laris aja di pasaran.

Yeah!!

Ngomong cita-cita, kita ngomong juga tentang masa Sekolah Dasar, emang masa-masa waktu SD menurut gue adalah masa yang kampret-keren banget, banyak hal yang perdana banget gue lakuin di SD, kayak gue berhasil berak di celana waktu perkemahan Pramuka, pertama kalinya gue pacaran (dan yang nembak itu ceweknya lewat surat), pura-pura pingsan waktu Upacara, biar enggak ikut upacara… Banyak yang aneh di SD, begitupun cita-cita gue yang aneh, dulu ada guru salah gaul berteriak kayak gini di kelas gue :

“cita-cita kalian apa anak-anak ?” gila guru ini punya banyak anak, dari berapa suami ya ?

“Dokter, Insinyur, Pilot, Tentara!!”

Yang disana mana suaranya !

Sebagian besar temen-temen di kelas gue jawab begitu, gue cuman bisa diem di kala itu, gue dan temen sebangku gue saling tatap-tatapan dan mulailah kita berkoar dengan satu sentuhan kata yang aneh, “VOKALIS BAND” kata gue, “PEMAIN BOLA” kata temen gue… kita sama-sama saling pandang, kita sama-sama saling bingung, iya bingung, cita-cita kita enggak masuk di akal, masuknya di dengkul, ya coba deh banyangin gue punya cita-cita jadi Vokalis Band, mungkin dari beberapa teman gue udah tahu gimana suara serak-serak hancur-jelek gue, suara gue lebih bagus buat ngilangin dan nakut-nakutin tikus di rumah, suara gue juga bagus untuk terjemahin suara burung beo, intinya suara gue hancur, jangankan nyanyi lagu pop, lagu balonku ada lima aja, suara gue udah enggak bener, yang tadinya ada lima balonnya kalau gue yang nyanyi bisa jadi ada 2 doang, bahkan enggak ada balon, adanya mantan… dan kalau elo enggak percaya denger nih suara gue di sonklod gue.



Gimana ? hancur kan ? tapi kuping lo baik-baik aja kan ?

Begitu juga temen sebangku gue, sebut aja namanya Ditto (emang namanya Ditto), dia pengin jadi pemain Bola, bisa-bisa dia jadi pemain bola salah gaul, dia lebih jago main bekel di banding main bola, bisa aja nanti bola bekel dijadiin bola tendang sama dia, absurd temen sebangku gue ini, tapi tetep aja kekeuh sama cita-citanya sampai hari ini, dan ini yang gue salut…

Cita-cita Ditto, tapi Ditto enggak seganteng ini.
Setelah berselang beberapa tahun, gue coba ngeluarin semua bakat hancur menyanyi gue lewat kamar mandi, kamar tidur, raung tamu, Di motor, Di kelas gue, dimanapun gue berada, gue coba mengasah cita-cita gue, karena waktu itu diri gue punya yang namanya sifat pantang menyerah, dan sifat inilah yang gue kangenin sampe sekarang, kenapa sifat pantang menyerah gue enggak ada hari Ini ? menyinggung kamar mandi, dulu gue adalah orang yang rajin banget buat mandi, sangking rajinya gue buat mandi, sebelum gue mandi gue harus mandi dulu. Dan menurut riset, kebanyakan orang tidak mandi di hari minggu, jangka mereka males mandi adalah dari jam 7 pagi s/d 12 siang.. kalau tubuh mereka tidak begerak dari seonggok Kasur dari jam yang sudah ditentukan berarti dia sudah di pastikan tidak akan mandi, khasiat mandi itu banyak, dan gue baru sadar, kenapa gue Jomblo ? karena gue jarang mandi di hari minggu, padahal mandi di hari minggu adalah peningkatan kegantengan diri kita, karena di hari minggulah sekolah libur, muka kita lagi fresh menikmati libur, dan cewek berterbaran dimana-mana. Sifat gue sering mandi sepagi mungkin ini yang juga gue kangenin sekarang..

PUKUL AJA !
Balik lagi ke cita-cita, sampe SMP kelas 3 gue di tegur sama temen sekelas gue, katanya “Tam, lo kenapa nyanyi-nyanyi dengan suara hancur-jelek di kelas ? Pusing gue dengernya, untung kaca enggak pecah setiap lo nyanyi” gue pun dengan lantangnya menjawab “ karena itu cita-cita gue sob” temen gue tiba-tiba ngelihat muka gue, dia ngelihat muka gue dengan perasaan heran, iya kayak orang yang mastin gue ini cowok atau cewek, gue ini lagi gila atau waras… beberapa menit kemudian kita bertatapan erat, akhirnya kita berpelukan dia menyeletuk.

“gini nih Tam, kadang yang kita cita-cita kan itu tidak sesuai dengan hasil yang kita rasakan nanti, gue tahu lo punya cita-cita untuk bisa nyanyi dan terkenal, tapi…. Kalau elo enggak pernah ngasah cita-cita lo dengan  bener, dan elo juga enggak pernah sadar betapa jeleknya suara elo itu kalau terus-terusan di paksain, bahkan elo pamer-pamerin ke temen-temen sekelas… itu tuh mustahil Tam, memang kadang jalan Allah itu ketidaksempurnaan kita, namun ada kalanya juga kita mikir kalau kita enggak boleh maksain”.

Hidung gue mencret mengeluarkan ingus, mata belek gue keluar air mata, status Jomblo sementara gue waktu itu seakan berubah menjadi Jomblo akut… Gue terharu dan gue sadar…

Mulai dari kejadian itu gue ngerti dan belajar banyak hal.. kadang kita harus kembali ke masa lalu untuk mengambil sebongkah kenangan dan pelajaran manis yang harus kita pake di masa sekarang, kadang juga kita harus ngerti dan perhatiin orang di sekitar kita, masih banyak orang yang peduli sama kita, dan juga kadang kita harus paham ketidaksempurnaan kita bukanlah ketidaksempurnaan yang sia-sia, Allah SWT menyimpan dan menyiapakan sejuta cerita manis di balik ketidaksempurnaan kita…

Gue udah ngejalanin hidup ini hampir setengah usia dewasa, namun kali ini dunia imajinasi masa lalu menghantarkan gue lagi ke masa saat masih di gendong Ibu.

Comments

  1. wah,,, bagus banget gan postnya,,, ane baca lebih jelas lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke siap bro, mudah-mudahan bisa inget lagi masa kecilnya :)

      Delete
  2. postingannya keren banget gan :D sering mengingat masa kecil itu lucu sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makasih bro :D bener lucu banget bro, lebih lucu dari pacar orang bro (lho?) :D

      Delete
  3. banyak cita2 semasa masih kecil gak pernah tercapai, sekarang bikin nyesek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro, mudah-mudahan masih bisa terkabul sekarang bro :)

      Delete
  4. banyak cita2 semasa masih kecil gak pernah tercapai, sekarang bikin nyesek.

    ReplyDelete
  5. Jadi teringat masa kecil lalu gan :D
    Cakep nih artikelnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha :D iya bro, kadang masa kecil memang susah dilupakan, apalgi yang lucu-lucu :)

      Delete
  6. keren gan postingan kali ini tentang
    masa kecil agan kocak juga ya :v

    ReplyDelete
  7. Halo Tami. Gue follow blog lo dari lama. Berawal dari suka banget sama theme blog yang akhirnya gak jadi gue ikutin. Tapi gue suka baca-baca postingan lo. Bukan kepo loh yaa...
    Tapi gue juga suka curhat-curhat random. Dan maaf sekali dengan tidak sopannya baru kali ini gue meninggalkan jejak disini. Hehehe

    Postingan lo kali ini menarik banget. Umur lo sekarang berapa? Aduh maaf seinget gue lo masih SMA ya?

    Kalau gue bilang, cita-cita, impian, dan tujuan hidup itu bisa berubah seiring kita bertambah usia, bertambah pengalaman, dan bertambah pengetahuan.

    Gini Tam, jaman dulu banget, waktu kecil, gue masih memilih cita-cita mainstream, gue pengen banget jadi astronot.
    Sukses? Ngga. Tapi selama gue sekolah, curiousity gue sama astronomi gak pernah berakhir. Gue bukan anak pinter di sekolahan, tapi gue berani tiba-tiba rajin belajar dan ikut kelas tambahan demin ikutan olimpiade astronomi. Juara? Ngga. Tapi gue bangga banget bisa jadi perwakitan sekolah untuk olimpiade astronomi.

    Waktu gue sekolah, gue sering banget nonton Power Ranger, Kamen Rider, sampai Mission Impossible. Buat gue, menjadi seroang superhero dengan identitas rahasia itu keren. Gue gak bisa jadi Power Ranger karena gue sadar Zordon itu ngga nyata. Tapi gue pikir gue bisa jadi agen rahasia kayak Ethan Hunt.
    Ini yang gue bilang impian atau cita-cita kita bisa berubah. Gue kejar? Iya. Dapet? Iya. Gue bilang, iya. Ga usah tanya lagi.
    Tapi kemudian, selama sekolah hingga kuliah nih, gue sadar kalau gue punya passion dalam suatu hal: musik.
    Cita-cita gue berubah ga? Iya. Hal biasa banget kalau kita udah dapet motor, pengen punya mobil. Sekarang ue lagi serius banget ngejar cita-cita yang satu ini di bidang musik.
    Sama kayak lo, suara gue kalau nyanyi solo ya ancur, meski waktu kuliah gue ada di tim paduan suara. Gue main gitar lumayan kece. Tapi ga bisa selalu hafal sama chords lagu-lagu. akhirnya gue meniti cita-cita gue ini sebagai band manager.

    Kalau gue bilang, hidup gak berasa hidup ketika lo gak punya sesuatu yang lo kejar atau targetkan. Lo punya mimpi? kejar. Udah dapet? Bikin mimpi baru yang mesti lo kejar. Dan jangan asal bikin mimpi. Coba perhatikan, mimpi yang lo maksud itu bener-bener mimpi lo, apa mimpi orang tua lo?

    Hmm.. jadi gue yang balik curhat nih. Hahahah
    Gak apa-apa deh. Sukses terus ya Tam. Sampe sekarang, gue masih suka astronomi, gue suka film action, dan masih suka konser di kamar mandi. Yang penting, kejar mimpi lo!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh gilee :) sumpah gue bingung mau ngebales apa, tapi yang pertama gue maua bilang makash banget udah pengin curhat sebanyak ini dan ngeramein kolom komentar gue, komentar/curhatan lo ini bener-bener bermanfaat bagi gue bro ! :) gue jugaa jadi bisa tahu kalau memang mimpi kadang berubah-ubaah, memang bener. Gue juga tahu banyaak orang yaaang punyaa mimpi yang mustahil sama seperti mimpi gue, dan itu elo.. Maakasih bro :)

      Gue bakal selalu ngejar mimpi gue, sampaikapanpun. Lo adalah orang pertama yang komentaar dan ngasih gue motivasi sebanyak ini di Blog gue, makasih bro :)

      Delete
  8. haha.... (Y) kern tuh, udah kaya postingan dalam postingan (komentar)

    ReplyDelete
  9. Wah Mantap + Keren Suaranya (y), Nice Post Mi (y)

    ReplyDelete
  10. Suara elu bagus tam, tapi bakal lebih bagus lagi kalo elu ga maksain gitu. Btw, postingannya keren kayak yang ngomentar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya iar gue sadar itu, emang suaraa gue itu bagus iar :D yang komentar banyak iar berarti pada ganteng semua, termasuk gue juga :D

      Delete
  11. ngakak denger tami nyanyi hahaha :D tp postingannya keren loh serius :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, laptop aja tiba-tiba shutdown sendiri waktu tami ngeplay record tami :D makasih nan :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pertemuan Yanto Budal

Plaza Marseiles

You Must Be Strong, Brother